SEMINAR NASIONAL INSTRUMENTASI DAN KONTROL (SNIKO) 2018

SEMINAR NASIONAL INSTRUMENTASI DAN KONTROL (SNIKO) 2018

Hari, Tanggal: Senin – Selasa 10-11 Desember 2018
Waktu: 08.30 – 16.30 WIB
Tempat: Multipurpose Hall, Gedung Center for Research and Community Service (CRCS) Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesa 10 Bandung 40132
Biaya Keikutsertaan SNIKO 2018:

  1. Peserta Pemakalah
    a. Umum Rp.750.000
    b. Mahasiswa Rp 650.000
  2. Peserta Non Pemakalah
    a. Umum Rp.500.000
    b. Mahasiswa Rp 400.000
  3. Peserta Khusus Workshop 11 Desember 2018
    a. Umum Rp 400.000
    b. Mahasiswa Rp 250.000
    catatan: Pemakalah dan Non Pemakalah otomatis berhak mengikuti Workshop

SEMINAR NASIONAL INSTRUMENTASI DAN KONTROL (SNIKO) 2018

Tema Seminar:
Kesiapan Masyarakat Otomasi, Kontrol dan Industri (MOKI) dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 serta Kemandirian Energi Indonesia

Pendahuluan
Revolusi Industri 4.0 adalah jargon yang digunakan untuk menggambarkan mimpi manusia tentang pabrik “cerdas” yang mengandalkan berbagai sistem otomasi yang saling berkomunikasi melalui jaringan siber (Cyber Physical System). Dalam jaringan ini, diharapkan terjadi pertumbuhan data dan pengetahuan (Big Data), pendelegasian tugas perhitungan (Distributed Computing) dan desain, termasuk diantaranya pertumbuhan kemampuan kognitif pada berbagai piranti yang terlibat (Machine Learning).

Namun, apa artinya Revolusi Industri 4.0 ini bagi Indonesia? Bagaimana jargon ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang terpencar di berbagai sudut Nusantara dan meraih kemandirian energi? Bagaimana sistem pendidikan tinggi Indonesia melahirkan para pelaku industri 4.0 untuk mewujudkan cita-cita tersebut?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, Pusat Teknologi Instrumentasi dan Otomasi (Center for Instrumentation Technology and Automation) Institut Teknologi Bandung mengundang para akademisi, pelaku industri dan para pengambil kebijakan pemerintahan untuk bersama-sama menyusun solusinya dalam Seminar Nasional Instrumentasi, Kontrol dan Otomasi (SNIKO) 2018.

Tujuan SNIKO 2018
Menjadi wadah diseminasi perkembangan teknologi instrumentasi, kontrol dan otomasi dalam mewujudkan industri 4.0 yang memenuhi kebutuhan mendasar masyarakat Indonesia
Menjadi wadah berbagi pengalaman antar kalangan akademisi, industri dan pemerintah dalam implementasi teknologi instrumentasi, kontrol dan otomasi dalam format industri 4.0 di Indonesia
Menjadi wadah kerjasama antar kalangan akademisi, industri dan pemerintah dalam pengembangan pengetahuan, teknologi dan implementasi sistem instrumentasi, kontrol dan otomasi dalam industri 4.0 di Indonesia

Peserta Seminar
SNIKO 2018 mengundang para akademisi (Dosen, Peneliti, Guru, Mahasiswa D3, S1, S2 dan S3), pelaku industri dan pengambil kebijakan pemerintahan untuk berpartisipasi sebagai peserta pemakalah dalam sesi seminar paralel maupun sebagai peserta pendengar.

Bentuk Acara
Untuk mencapai tujuan SNIKO 2018, maka seminar ini dibingkai dalam tiga kelompok aktivitas utama sebagai berikut:

  1. Seminar Utama
    a. Kesiapan infrastruktur telekomunikasi Indonesia dalam mendukung Industri 4.0, dibawakan oleh Dr. Ir. Ismail, MT, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika KOMINFO.
    b. Kesiapan sistem pembelajaran di Perguruan Tinggi untuk menciptakan pelaku industri 4.0, dibawakan oleh Dr.Ir. Mervin Tangguar Hutabarat M.Sc., Kepala UPT E-Learning ITB.
    c. Pengalaman pengembangan sistem instrumentasi, kontrol dan otomasi industri menuju industri 4.0, dibawakan oleh Fajar Wantah, ST, MT, Business Development PT. Cinovasi Rekaprima
  2. Workshop Setengah Hari
    a. Meraih kemandirian energi Indonesia melalui sistem Mikrohidro, dibawakan oleh Ir. Kusetiadi Rahardjo, PT. Heksa Prakarsa Teknik. Jadwal Selasa 11 Desember 2018, 8.30 -12.00 wib.
  3. Seminar Paralel
    Membawakan berbagai topik pengembangan teknologi dan implementasi instrumentasi, kontrol dan otomasi menyongsong era industri 4.0.

Makalah Seminar
Peserta diundang untuk menyampaikan gagasan serta pengalamannya menyongsong industri 4.0 dalam bentuk makalah dari berbagai bidang sebagai berikut, namun tidak terbatas pada:

  • A. Instrumentasi
  • B. Rekayasa Kontrol
  • C. Otomasi
  • D. Industri 4.0

Publikasi Makalah Seminar
Seluruh Makalah yang dipresentasikan di Seminar Nasional Intrumentasi, Kontrol dan Otomasi (SNIKO) 2015 akan diterbitkan pada Proceeding yang terdaftar pada ISBN.

Makalah terpilih akan terbit pada Jurnal Otomasi, Kontrol dan Instrumentasi (http://journal.engineering.or.id/)

Penutup
Semoga SNIKO 2018 melahirkan gagasan dan kerjasama nyata untuk mengembangkan teknologi instrumentasi, kontrol dan otomasi dalam format industri 4.0 yang mampu melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.

=============

Info dan kontak:

lfi Yulia 085288727756
sniko@instrument.itb.ac.id

Bagaimana menurut Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0