Seperti apa manfaat database di era digital saat ini?

Tentu kita semua saat ini merasakan bahwa perubahan kultur, kebiasaan dan visi yang berbeda sejak beberapa tahun belakangan, masyarakat saat ini lebih banyak beraktifitas dan mengandalkan teknologi informasi yang berkembang pesat hampir meliputi seluruh aspek kehidupan apalagi sejak pandemi melanda dunia. Database merupakan sebuah elemen penting untuk bisa mendistribusikan informasi yang kita butuhkan secara digital, database sendiri bisa dibilang merupakan tempat semua data dapat tersimpan dengan sistem yang efektif dan efisien, sehingga user bisa mengakses data tersebut dan mengelolanya dengan mudah.

Seperti apa manfaat database di era digital saat ini?

Sekarang mari kita akan bahas lebih teknis lagi tentang database secara komponen, fungsi dan jenisnya.

Komponen database:

Secara umum komponen database diklasifikasikan menjadi 5 yaitu: Data, Hardware, Software, Database Management System (DBMS) dan Database Access Language

  • Data:
    Data merupakan serangkaian banyak file yang berisi informasi, baik teks, log, gambar, dan file lainnya. Di sini data akan disimpan dalam bentuk struktur tertentu, sehingga lebih mudah dikenali.
  • Hardware:
    Seperti yang sudah maklum kita ketahui hardware adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data secara digital. Untuk penyimpanannya, secara lokal bisa menggunakan komputer, disk, memori dan lainnya dan untuk data online tentu kita butuh hosting dengan spesifikasi sesuai kebutuhan seperti shared hosting, WordPress Hosting atau Dedicated Server semisal VPS.
  • Sistem Operasi
    Sistem operasi punya peran penting atas semua sistem yang ada di komputer atau server, biasanya OS menggunakan Windows atau Linux.
  • Database Management System (DBMS)
    Ini merupakan sebuah aplikasi pengelolaan database. Dengan adanya DBMS kini kita bisa lebih mudah ketika menginput dan mengupdate data. Banyak pilihan DBMS saat ini, salah satu contohnya ketika ingin mengelola database pada website, maka kita bisa menggunakan MySQL.
  • Database Access Language
    Database Access Language adalah semacam bahasa yang kita gunakan untuk menulis perintah, seperti mengakses, menambah, memperbarui, dan menghapus data di dalam database.

Sekarang kita akan membahas manfaat penting database di era digital saat ini:

Fungsi Database:

  • Identifikasi data jadi lebih mudah
    Dengan database kita bisa membuat sebuah sistem yang dapat mengelompokkan data dan menyimpannya secara terstruktur. Jadi semisal ada permintaan akses sebuah data, informasinya mampu didistribusikan dengan cepat sesuai kategori yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Data bisa dikelola secara terpusat
    Maksudnya adalah jika kita tidak memiliki database maka akan banyak data yang tercecer di berbagai tempat penyimpanan, namun akan berbeda hasilnya jika kita memiliki database karena semua data bisa dikumpulkan dalam satu tempat, semisal di server hosting yang kita gunakan.
  • Menghindari terjadinya duplikasi data
    Ini juga penting! setiap data yang kita simpan rentan mengalami duplikasi yang bisa mengakibatkan bertambah resource, dengan memiliki database maka kita sudah selangakah lebih maju untuk terhindar dari duplikasi data. Sistem database mampu didesain untuk mengidentifikasi kesamaan data sehingga dapat memberikan warning atau notifikasi ke pengelola database. Misalnya, dengan cara menerapkan sistem kata kunci atau primary key.
  • Data akan lebih aman tersimpan
    Ini artinya kita akan mengumpukan semua data dalam satu kesatuan struktur database dengan tujuan memberikan perlindungan serta keamanan yang lebih baik. Berbeda halnya jika data ditaruh di beberapa perangkat yang artinya butuh kerja ekstra mengamankan setiap perangkat. Dengan memiliki database maka kita mengamankan server dengan perlindungan berlapis.
  • Mampu menekan biaya operasional
    Cukup satu server saja untuk menyimpan banyak kebutuhan data, tidak perlu banyak perangkat berlebihan yang jika diperhitungkan secara biaya tentu sangat jauh lebih ekonomis dibanding kita harus menyediakan beberapa tempat penyimpanan.
  • Dapat diakses secara bersama-sama
    Ini tentu saja sebuah keuntungan karena banyak user yang berwenang yang bisa mengakses data darimana saja, tidak harus repot meminta ijin selama para user tersebut yang bisa jada adalah programmer, administrator, hingga pengunjung sudah memiliki akses untuk ke server database tersebut.

Sampai disini kita bisa menyimpulkan bahwa dengan memiliki database maka manfaat yang bisa kita dapatkan adalah keuntungan ketika banyak beraktifitas dan berkutat di bidang teknologi informasi. Di era digital saat ini penting untuk menyimpan data dalam bentuk digital supaya distribusi informasi bisa berjalan sesuai harapan dan tujuannya.

Sebagai contoh, jika menggunakan layanan dari Domainesia yang juga jual email hosting, mereka menawarkan sebuah fitur yaitu Back-up secara berkala, yang mana kita tidak perlu lagi khawatir akan eksistensi data yang kita simpan karena data-data email di Mailspace akan dibackup berkala secara otomatis. Selain itu juga ada fitur bagus lainnya semisal: Tampilan Bebas Iklan, File Attachment Besar, Premium Anti-Spam Filter, Kapasitas Besar, Kirim 1.000 Email per Hari dan banyak lainnya.

Jenis-jenis Database:

Secara umum ada beberapa jenis database yang ada:

  • Relational Database
    Relational database adalah salah satu jenis database yang paling banyak digunakan pada suatu website dan aplikasi.
  • Distributed Database
    Adalah bagian dari sistem penyimpanan database yang terdistribus, dalam artian data yang disimpan dapat didistribusikan melalui suatu jaringan.
  • NoSQL Database
    Ini adalah bagian dari database non-relational, tidak hanya data berbentuk tabel yang bisa tersimpan tapi juga data tipe lainnya seperti csv, docs dan lainnya.
  • Cloud Database
    Seperti namanya ini adalah database yang bisa disimpan di dalam penyimpanan cloud.
  • Database Warehouse
    Jenis ini mulai diterapkan pada perusahaan yang membutuhkan pelaporan dan analisis data.

Seperti itulah gambaran database secara umum, kita bisa mengetahui apa itu database dan yang terpenting adalah manfaat dari database ketika kita mulai mengelolanya. Kesimpulannya dengan adanya database ternyata kita semua lebih dimudahkan dan diuntungkan secara teknis dan hasil.

Bagaimana menurut Anda?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0