Hosting Adalah Komponen Penting Dalam Pemasaran Bisnis Melalui Website

Hosting adalah salah satu hal penting yang wajib diperhatikan saat sebuah perusahaan atau bisnis mencoba untuk memiliki situs sendiri. Dalam memilih hosting memang sangat penting memastikan banyak hal.

Sayangnya, ada banyak sekali pilihan yang membuat bingung untuk menentukan bagaimana memilih hosting yang baik. Bukan hanya itu saja, sebagian justru tidak memahami betul apa yang dimaksud hosting dan bagaimana manfaat atau tujuan pemilihannya. Untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang hosting, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

image: globalmediainsight.com

Pengertian Hosting

Pertama-tama bagi yang belum cukup familiar dengan istilah ini, perlu untuk mengetahui pemahaman serta pengertian tentang hosting itu sendiri. Secara umum hosting adalah suatu layanan yang diberikan dengan basis internet yang berperan dalam menawarkan layanan penyimpanan sejumlah data di dunia maya. Dalam aktivitasnya tentu saja hosting ini tidak dapat terpisahkan dengan database online.

Dari sini maka secara umum dapat dipahami bahwa dengan kata lain hosting ini merupakan sistem yang mendukung perusahaan pemilik situs untuk menempati, menjalankan, serta menyimpan data di dunia maya. Sehingga seluruh kebutuhan situs dapat terpenuhi mulai dari menyimpan data, menjalankan operasional website, dan lain sebagainya.

Manfaat Hosting

Tentu banyak yang merasa bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat dari menggunakan hosting tersebut. Padahal dari pengertian di atas justru dapat disimpulkan bahwa penggunaan hosting ini cukup penting saat ingin mengoperasikan situs di dunia maya. Adapun secara umum menggunakan hosting dapat memberikan manfaat antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Membantu sebagai penyimpanan data, terutama jika situs yang dimiliki membutuhkan banyak informasi untuk dimuat di dalamnya. Sehingga membutuhkan kuota penyimpanan data yang cukup besar.
  • Hosting juga bermanfaat untuk memberikan layanan tambahan yang lebih mudah bagi pemilik situs, seperti misalnya memasang aplikasi penting dan sebagainya. Sehingga jika suatu situs berniat menambahkan fungsi-fungsi lain seperti misalnya pembelian dan pembayaran barang, maka hal ini dapat diintegrasikan pada situs dengan mudah.
  • Dengan memilih hosting yang tepat secara tidak langsung juga membantu untuk mendukung sistem pemasaran bisnis dan perusahaan melalui dunia maya. Karena hosting yang baik tentu memberikan fasilitas akses yang cukup cepat dan lancar, sehingga memudahkan calon konsumen memperoleh banyak informasi tentang usaha atau perusahaan di dalam situs.

Tujuan Memilih Hosting

Selain dari manfaat di atas, poin penting lainnya yang tidak boleh dilupakan saat menggunakan hosting yaitu memilih hosting yang tepat. Ada beberapa tujuan mengapa sebuah situs perlu menentukan hosting yang terbaik untuk situsnya. Berikut beberapa tujuan memilih hosting yang terbaik.

  • Untuk memperoleh hosting dengan kapasitas penyimpanan yang sesuai. Setiap situs akan memiliki kebutuhan penyimpanan yang berbeda. Ada yang dalam jumlah kecil, namun ada yang membutuhkan jumlah besar. Dengan menentukan hosting yang tepat maka akan lebih mudah memperoleh database penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan situs.
  • Mendapatkan hosting dengan kecepatan dan layanan yang prima sesuai dengan kebutuhan. Tidak dipungkiri bahwa penggunaan situs ini tidak akan berhenti sama sekali. Dalam arti merupakan layanan yang akan diakses selama 24 jam penuh oleh para pelanggan. Sehingga hosting yang memiliki layanan prima dan cekatan sangat penting untuk dipilih.
  • Untuk saat ini, hosting murah dan paling recomended di hosting DomaiNesia, berikut link nya https://www.domainesia.com/hosting/ 

Tips Mencari Hosting Yang Tepat

Bagi kebanyakan orang yang masih belum memahami seluk beluk hosting, tentu saja mencari hosting yang tepat bukan hal yang bisa dibilang mudah. Salah-salah jika tidak memiliki pemahaman maupun pengalaman sama sekali, bisa saja mendapatkan layanan hosting yang kurang tepat. Oleh karena itu untuk menghindari resiko yang dapat terjadi tersebut, berikut ini beberapa tips menarik yang dapat diterapkan saat ingin mendapatkan hosting yang paling tepat.

  • Sesuikan dengan kebutuhan, pilih hosting sesuai kebutuhan situs yang dimiliki. Sehingga tidak perlu memilih hosting yang terlalu besar atau justru memilih hosting yang terlalu kecil.
  • Pastikan memilih hosting yang menawarkan harga sesuai dengan dana yang tersedia. Supaya pada saat memilih tidak perlu membayarkan dana berlebih dan cukup mahal dari kemampuan perusahaan.
  • Pilih hosting yang terbukti memberikan layanan memadai, termasuk layanan 24 jam yang siap membantu bila terjadi kerusakan atau permasalah pada situs.

Itulah sedikit informasi berkaitan dengan hosting sebagai salah satu hal yang penting saat ingin memiliki situs untuk bisnis maupun perusahaan. Hosting adalah bagian yang tidak mungkin terpisahkan saat membuat situs perusahaan.

Maka dari itu pahami dengan baik tentang pengertian serta pemahaman hosting di atas, dan ketahui mana hosting yang baik untuk dipilih dan mana hosting yang tidak sesuai. Dengan demikian tentu saja situs perusahaan akan berjalan lebih maksimal dan mampu membantu mendukung pemasaran melalui dunia maya dengan lebih baik pula.