5 Manfaat Kesehatan dari Whey Protein

Bagi para pecinta olahraga, whey protein merupakan salah satu suplemen terfavorit, yang dikarenakan mampu untuk meningkatkan massa otot yang ada di dalam tubuh.

Protein whey pertama kali diambil dari whey yang terkandung dalam susu. Ketika proses pembuatan keju, bagian lemak yang ada di dalam susu sehingga menghasilkan whey sebagai sisa olahan. Sedangkan protein bersumber dari kandungan yang berasal dari whey, yang prosesnya dibersihkan dan dikeringkan sehingga membentuk bubuk dan terciptalah protein whey. Berikut beberapa rekomendasi protein whey untuk diperiksa.

5 Manfaat Kesehatan dari Whey Protein

Selain membentuk masa otot, ternyata whey protein memiliki fungsi lain yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat penting whey protein adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Adanya produksi glutathione yang dikenal sebagai antioksidan akan membantu Anda dalam proses detoksifikasi.

Di samping itu, whey protein  juga sangat direkomendasikan untuk penderita asma, karena dapat meningkatkan respon sitokin dalam tubuh. Sitokin merupakan suatu protein kecil yang  dianggap sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi serta hematopoiesis.

Hal yang terpenting dalam whey protein sebagai imunitas adalah karena memiliki kandungan asam amino esensial yang lengkap di dalamnya. Ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena mampu mereduksi racun, menghancurkan patogen, dan memperbaiki serta membentuk sel-sel dan jaringan tubuh.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa wanita yang mengkonsumsi whey protein dapat menghilangkan lemak lebih banyak daripada yang tidak. Di samping membakar lemak, mereka yang mengkonsumsi whey protein memiliki bentuk otot yang lebih besar dan lebih terawat.

Mungkin sudah menjadi rahasia umum bahwa whey protein dikenal sebagai penurun berat badan, alasannya karena protein di dalamnya membantu agar kenyang lebih lama. Selain itu, whey protein juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi, karena dapat mengganti sumber kalori dengan protein, yang mampu mengurangi berat badan serta membakar lemak.

3. Mengatasi dan Memulihkan Anak dari Malnutrisi

Whey protein ternyata memiliki manfaat yang baik untuk anak-anak. Dari salah satu artikel nutrisi anak mengatakan bahwa kandungan protein yang ada di dalam whey protein lebih banyak dari susu biasa. Ketika anak Anda mengalami malnutrisi yang parah, protein di dalamnya mampu untuk menggantikan berat badan di tubuh anak.

Selain itu, ada juga dari suatu artikel penelitian gizi klinis yang mengatakan bahwa whey protein bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan anak, mendorong daya tahan tubuh, dan mencegah berbagai macam penyakit.

Kandungan protein whey bersifat mudah diserap oleh tubuh. Ini sangat berguna dalam memenuhi asupan protein harian sehingga mampu mencegah malnutrisi dan mengoptimalkan sistem imun anak Anda.

4. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kolesterol menyebabkan munculnya berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Menurut jurnal penelitian nutrisi di Inggris pada tahun 2010 menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi whey protein akan mampu menurunkan nilai kolesterol total dan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Whey protein juga mampu untuk menurunkan penyerapan kolesterol di dalam usus, menghambat adanya sintesis atau pembentukan kolesterol serta meningkatkan pembuangan melalui feses.

Intinya, mengkonsumsi whey protein secara rutin terbukti menurunkan kolesterol secara signifikan, jika dibandingkan dengan menggunakan produk protein lainnya. Meskipun demikian, Anda juga harus mendapatkan rekomendasi dari dokter untuk mengetahui takaran atau dosis yang tepat agar dapat mengurangi efek samping saat mengkonsumsi whey protein.

5. Mengurangi Kadar Gula di Dalam Darah

Tingginya kadar gula di dalam darah akan menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabetes. Manfaat lain dari whey protein adalah mencegah fluktuasi kadar gula darah yang dapat menyebabkan makan berlebih.

Lemak yang ada di dalam whey protein sangat membantu dalam mengelola kadar glukosa dalam darah. Di samping itu protein di dalamnya juga melakukan resistensi insulin, sehingga dapat mencegah resiko diabetes di dalam tubuh.

Catatan

Whey protein memiliki fungsi yang penting dalam tubuh. Namun sebelum Anda membeli produk ini, pastikan Anda membelinya sesuai dengan kebutuhan.

Ada 3 jenis whey protein yang dijual di pasaran. Beberapa di antaranya seperti whey protein konsentrat yang memiliki laktosa, whey protein isolat yang mengandung 90% protein, dan whey protein hidrolisat yang dianggap lebih mudah dicerna. Pilihlah salah satu produk whey protein yang diinginkan.

Demikian artikel mengenai 5 manfaat kesehatan dari whey protein, semoga Anda dapat mengetahui takaran yang pas untuk mengkonsumsi produk ini, agar Anda tetap sehat dan bugar menjalani berbagai aktivitas. 


Jadwal Event, Info Pameran, Acara & Promo Terbaru