Polewali Mandar International Folk and Art Festival (PIFAF) 2016

Polewali Mandar International Folk and Art Festival (PIFAF) 2016

Bulan September ini akan menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk berkunjung ke Polewali Mandar. Karena pada pada bulan tersebut, tepatnya  tanggal 30 Agustus sampai 5 September 2016, akan ada serangkaian festival menarik untuk dilihat. Polewali Mandar International Folk and Art Festival (PIFAF 2016) akan dirangkaikan dengan Festival Budaya XII Polewali Mandar 2016, Festival Sandeq III Polewali Mandar, dan Polewali Mandar Expo 2016.

POLEWALI MANDAR INTERNATIONAL FOLK AND ART FESTIVAL 2016

PIFAF 2016 akan menampilkan kegiatan gathering, plant tree, parade, open ceremony dan penjualan hasil kerajinan. Sementara itu, untuk menikmati pertunjukan budaya yang lebih kaya, wisatawan dapat hadir dalam Festival Budaya XII yang menampilkan festival tari kreasi daerah, festival permainan rakyat, festival lagu daerah, festival kuliner tradisional, pemilihan to maolo dan to makapa, lomba foto kebudayaan dan pariwisata, lomba berbalas pantun Mandar hingga karnaval budaya.

Berbicara tentang Polewali Mandar tidak bisa lepas dari Perahu Sandeq yang telah digunakan nelayan mandar sebagai alat transportasi sejak zaman dahulu kala. Dengan mengadopsi teknik layar zigzag melawan angin, kecepatan Perahu Sandeq bisa mencapai 15 sampai 29 knot sehingga diklaim sebagai kapal layar kecil tercepat di dunia. Untuk melihat sejauhmana kehebatan perahu ini, wisatawan dapat berpatisipasi dalam Festival Sandeq III yang akan menampilkan sandeq race kelas marathon etape, sandeq race kelas segitiga pantai bahari, perkampungan kuliner tradisional, lomba sandeq mini, lomba perahu lepa-lepa dan lomba tarik tambang.

Dalam mewujudkan sajian budaya yang sangat berkesan bagi pengunjung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Polewali Mandar akan bekerja sama dengan sanggar-sanggar kesenian. Seniman-seniman dari mancanegara pun akan hadir dalam PIFAF 2016, mereka berasal dari India, Rumania, Rusia, Korea Selatan dan Malaysia.

Info dan kontak:

Dinas Kebudayaan & Pariwisata
Jl. Pancasila No. 2 Pekkabata, 91315
Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat

  • Telp/Fax: 0428-22185
  • Mobile: 085215109993
  • SMS center :085722538117
  • Email : disbudparpolman@yahoo.co.id

Jadwal Event, Info Pameran, Acara & Promo Terbaru