Festival Layang-Layang Internasional Pangandaran 2016

Festival Layang-Layang Internasional Pangandaran 2016

Salah satu acara andalan Provinsi Jawa Barat, yaitu Festival Layang-Layang Internasional akan kembali diselenggarakan pada tanggal 15 hingga 16 Juli 2016 di Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Festival ini sudah menjadi agenda rutin tahunan Disparperindagkopumkm Kabupaten Pangandaran.

Festival Layang-Layang Internasional Pangandaran 2016

Berbagai perlombaan akan dilaksanakan seperti merakit layangan jenis bapangan, lomba layagan malam, lomba tarik ulur, lomba melukis, lomba layangan tradisional, lomba stand terbaik, lomba fotografi dan masih banyak lagi. Acara pun masih meriah hingga malam hari karena diselenggarakan lomba layangan malam atau night kite. Nantinya, peserta akan memasang lampu pada layangan milik mereka.

Menurut sebuah laporan peserta yang akan bepartisipasi tidak hanya dari dalam negeri, namun banyak juga dari luar negeri seperti Malaysia, Jepang, Thailand dan Swedia. Kunjungan wisatawan yang meningkat setiap tahunnya akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Pangandaran sendiri.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengatakan bahwa acara ini tahun lalu membuat catatan bagus karena mampu meningkatkan pendapatan daerah hingga 10 persen. Untuk tahun ini, PAD wisata Pangandaran mencapai Rp64 milyar meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya.

Ahmad Heryawan juga menaruh harapan kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran agar dapat menyiapkan Pangandaran menjadi salah satu ikon Jawa Barat, atau bahkan mennjadi destinasi wisata internasional. Sejumlah penataan pada sarana dan prasana masih dibutuhkan, seperti infrastruktur dan transportasi menuju tempat tersebut, sehingga Pangandaran bisa menjadi tujuan wisata bertaraf internasional.

Info dan kontak:

Disparperindagkopumkm Kabupaten Pangandaran
Jl. Raya Baru No. 2, Pangandaran
Telp: 0265-631171
Email: pangandarankab.go.id@gmail.com


Jadwal Event, Info Pameran, Acara & Promo Terbaru