The 5th Congress of Indonesian Diaspora 2019

The 5th Congress of Indonesian Diaspora 2019

Tanggal: 10-13 Agustus 2019
Tempat: Kota Kasablanka Mall Jakarta

The 5th Congress of Indonesian Diaspora 2019

Dua tahun lalu, Indonesia digegerkan oleh kehadiran mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam Kongres Diaspora Indonesia yang ke-4 tanggal 1 Juli 2017 di Jakarta. Kongres tersebut merupakan perhelatan terbesar dalam sejarah gerakan diaspora Indonesia yg dimulai di Los Angeles tahun 2012.

Tahun ini, Kongres Diaspora Indonesia ke-5 akan di gelar di Jakarta pada hari sabtu 10 Agustus 2019, dari jam 10:00 pagi sampai sore hari. Tema besar Kongres tahun ini adalah “Empowering Indonesia’s Human Capital”, yang merupakan ekspresi dukungan diaspora terhadap program pemerintah Presiden Jokowi di periode kedua yang memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Sesi-sesi Kongres Diaspora Indonesia ke-5 karenanya dirancang untuk menyorot strategi dan tantangan human capital Indonesia.

Founder dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dr. Dino Patti Djalal yang juga adalah founder dari Kongres Diaspora Indonesia dan Chairman of the Board of Trustees Indonesia Diaspora Network Global berkehormatan mengundang anda untuk menghadiri Kongres Diaspora Indonesia ke-5.

Acara ini Gratis dan terbuka untuk umum. Lebih penting lagi, Kongres kali ini — sebagaimana biasanya — akan meyajikan berbagai sesi yang informatif dan inspiratif sekaligus menampilkan tokoh-tokoh diaspora dan tokoh-tokoh tanah air yang berprestasi. Kongres kali ini juga merupakan forum networking yang luar biasa dimana tidak ada jarak apapun antara peserta dan pembicara serta tokoh-tokoh diaspora siapapun dia.

Yang berbeda dalam Kongres tahun ini adalah akan diadakan ekshibisi pendidikan dan beasiswa (Schoolarship & Education Expo). Disini akan ditampilkan berbagai presentasi mengenai prosedur untuk belajar di luar negeri beserta informasi peluang beasiswa dari LPDP, dan dari sejumlah Kedutaan negara sahabat seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan lain-lain. Kami yakin banyak sekali peserta / pemuda yang berminat untuk mengikuti sesi-sesi khusus mengenai pendidikan di luar negeri / beasiswa ini.

Adapun sesi-sesi Kongres Diaspora Indonesia ke-5 adalah sebagai berikut:

  • Tips untuk belajar, bersaing, bekerja, bergaul dan berkarya di luar negeri
  • Pembahasan Visi Indonesia 2045 versi pemuda daerah dan pemuda diaspora
  • Dwi Kewarganegaraan: analisa untung rugi dan pengalaman negara lain
  • Pandangan Diaspora mengenai langkah-langkah Indonesia untuk sukses di era revolusi 4.0
  • Apa yang anda perlu ketahui untuk belajar di Australia serta peluang beasiswa
  • Apa yang anda perlu ketahui untuk belajar di Amerika Serikat serta cara mencari beasiswa
  • Presentasi LPDP mengenai cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Perguruan Tinggi di dalam dan luar negeri
  • Membangun kota futuristik di Indonesia
  • Pahlawan Devisa Indonesia: peluang dan tantangan di Luar Negeri serta solusinya
  • Indonesian Diaspora Bonds
  • Perspektif Diaspora: Terhadap pembangunan Sumebr Daya Manusia Indonesia di Abad-21
  • Tips Praktis untuk sukses berbisnis di luar negeri
  • Kisah-kisah Diaspora Indonesia yang kembali untuk membangun negeri
  • Upaya melestarikan warisan budaya Indonesia di dunia internasional

Speakers antara lain : Airlangga Hartarto, Bambang Brodjonegoro, Bima Arya, Mayor Inf. Al Zaki, Tsamara Amany, Yanuar Nugroho, Dino Patti Djalal, Mark Gerald Eman, Iwan Sunito, Said Zaidansyah, Tasya Kamila, dll.

Catatan : Daftar pembicara diatas dapat berubah setiap saat.

Bagi Friends of FPCI yang ingin mendaftar menjadi peserta acara Kongres Diaspora Indonesia ke-5 caranya cukup mudah yaitu cukup klik di cid5.eventbrite.com

Info dan kontak:


Jadwal Event, Info Pameran, Acara & Promo Terbaru