Pelaku UMKM Belajar bersama Para Ahli Praktisi di Kelas Bisnis HR Academy

PRESS RELEASE – SHORT BUSINESS CLASS PROGRAM FOR SMEs

📌Link Youtube SBC Day 1 : https://youtu.be/Zpb5KVhOmaw
📌Link Youtube SBC Day 2 : https://youtu.be/q0-XP1r2BYs

JAKARTA – HR Academy Indonesia sebagai salah satu wadah untuk belajar dan berkembangnya UMKM Indonesia telah melaksanakan kegiatan Short Business Class For SMEs, merupakan rangkaian kegiatan selama 2 hari dengan hari pertama yang dilaksanakan pada Senin, 27 Juni 2022 dan Selasa, 28 Juni 2022. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan para pelaku UMKM baik yang baru merintis maupun yang bisnisnya sedang berjalan untuk menjadi lebih sukses.

Kegiatan ini dihadiri para pembicara luar biasa yang tentunya expert dibidangnya. Pada kegiatan hari pertama menghadirkan pembicara Bapak Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE Indonesia, Bapak Teguh Anantawikrama, Wakil Ketua Yayasan Bakrie Amanah, Bapak Sanusi, Pakar Branding dan Mentor UMKM HR Academy.

Hari kedua kegiatan menghadirkan pembicara yang tidak kalah luar biasa yaitu, Bapak Titan Sabtian yang merupakan CEO Sekolah Export, Bapak Indra Uno yang merupakan Komisaris PT Saratoga Investment Sedaya Tbk., Bapak Andre Muslim Dubari, selaku Tenaga Ahli Staf Khusus Menteri Koperasi & UMKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif yang mewakili Bapak Fiki Satari selaku Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bid. Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Ibu Fitri Hadiyanti selaku CEO dari Afin Finance dan Bapak Rifky Praptama selaku Founder Inovasika.

Short Business Class For SMEs, yang diselenggarakan bebas biaya secara daring melalui platform Zoom Meeting dan disiarkan juga melalui Youtube Live memiliki pendaftar total sebanyak 508 orang. Hari pertama kegiatan ini , dibuka oleh Coach Wulan selaku CEO & Coach HR Academy, Founder HR UMKMNaikKelas, dan Career & Business Coach.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting untuk para pelaku UMKM, sehingga pelaku UMKM dapat memahami berbagai hal untuk membangun bisnis. Selain itu dalam kegiatan ini akan diisi para pemateri yang luar biasa yang dapat membantu menjawab permasalahan kita dalam berbisnis.” ungkapnya.

Pembukaan kegiatan pada hari kedua disampaikan oleh Bapak Samsul Widodo selaku Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemendesa, PDT dan Transmigrasi sekaligus memberikan kata-kata motivasi untuk para pelaku UMKM. beliau memberikan sebuah trik melalui perumpamaan menjual makanan melalui box besar dengan eceran dan yang lebih laku adalah makanan yang dijual secara eceran. UMKM bukan hanya menjual produk yang dijual di bazaar dengan harga mahal tetapi produk UMKM harus mampu di jual dan diperkenalkan ke generasi milenial dan merebut kembali penjualan di pasar.

Pada sesi pemaparan materi yang berjudul Entrepreneurs Mindset yang dibawakan oleh Bapak Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE Indonesia. Beliau mengutarakan bahwa seorang pelaku wirausaha harus memiliki pola pikir mempersiapkan bisnis untuk dapat menghadapi ketidakpastian.

Beliau juga mengutarakan bahwa ada 4 etos kerja ala salah satu founder OK OCE Indonesia, Bapak Sandiaga Uno, yaitu Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas. Empat etos kerja ini bisa menjadi sebuah hal baik yang dapat diterapkan untuk para pelaku bisnis.

Sesi pemaparan materi bertajuk Create Biz Plan for Your Business yang dibawakan oleh Bapak Teguh Anantawikrama, Wakil Ketua Yayasan Bakrie Amanah. Beliau menjelaskan bahwa sebagai pelaku bisnis, harus dapat memastikan dan mempersiapkan business plan (perencanaan bisnis) untuk segala bentuk proses dalam bisnis.

Beliau juga mengingatkan bahwa dalam mengatur business plan ada yang perlu digaris bawahi yaitu mengenai bagaimana pebisnis dapat memahami cara untuk mengatur bisnis secara tepat dan pengaturan mengenai perubahan-perubahan bisnis yang tepat.

“Dalam setiap business plan kita tidak saja harus berpikir bagaimana permodalan, produksi, memasarkan, dan exit. Tetapi, kita juga harus memahami bagaimana kita memiliki bisnis yang yang tepat dan adjustment perubahan-perubahan bisnis yang tepat.” jelasnya.

Pemaparan materi juga diberikan oleh Bapak Andre Muslim Dubari, selaku Tenaga Ahli Staf Khusus Menteri Koperasi & UMKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif yang mewakili Bapak Fiki Satari selaku Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bid. Pemberdayaan Ekonomi Kreatif . Beliau membawakan materi seputar Upscale your business. Beliau menjelaskan bahwa untuk dapat meng-upscale bisnis yang dijalankan dengan mengubah model bisnisnya dengan bertransformasi ke digital. “Bisnis bertransformasi juga dengan memulai dari mulai dari merubah objective focus nya yang harus dapat mengangkat, mengkonek dan mengconvert.” Ungkapnya.

Dengan materi-materi yang sangat berkaitan erat dengan kegiatan usaha terutama untuk pebisnis UMKM, kegiatan ini diharapkan membawa ilmu baru yang dapat bermanfaat untuk bisnis yang dibangun oleh para peserta dan membawa perkembangan secara keseluruhan pada pertumbuhan UMKM dan ekonomi Indonesia.

Bagaimana menurut Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0