Masuk ke Era Digital, Ini Cara UMKM Melebarkan Usahanya

Setiap pemilik usaha pasti memiliki harapan untuk bisa mengembangkannya menjadi lebih baik lagi. Terutama untuk UMKM yang telah merintis dari awal. Untungnya di era digital ini pengembangan usaha jauh lebih mudah.

Siapa saja bisa menjangkau konsumen yang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia dengan bantuan sosial media, Google, sampai marketplace. Kesuksesan mengembangkan usaha ini tergantung bagaimana cara jitu dalam memanfaatkan era digital.

Masuk ke Era Digital, Ini Cara UMKM Melebarkan Usahanya - Majoo.id

Cara Mudah Mengembangkan UMKM di Era Digital

Meskipun semuanya serba mudah khususnya dalam hal marketing, masih tetap saja ada usaha yang gagal untuk dikembangkan. Penyebabnya pun beragam seperti modal yang mentok atau salah strategi menggunakan internet.

Kesalahan ini tentu saja harus dihindari oleh Anda yang berharap usahanya bisa jadi lebih maju. Lalu bagaimana cara Anda bisa mengembangkan UMKM di era digital ini? Beberapa cara yang cukup membantu ini bisa ditiru.

  1. Mengelola Keuangan dengan Lebih Tepat

Keuangan juga menjadi faktor penting dalam pengembangan usaha. Anda harus bisa merekap semua transaksi baik offline dan juga online sekaligus. Untungnya kini telah hadir aplikasi kasir terbaik favorit UMKM yaitu Majoo yang bisa menjadi solusi terbaik.

Majoo merupakan aplikasi kasir untuk UMKM yang memiliki begitu banyak fitur. Mulai dari Point of Sales (POS), manajemen kas, klasifikasi harga, sampai dengan metode pembayaran yang lengkap.

  • Membangun Tim Digital

Marketing di era digital bukanlah pekerjaan one man show. Penting sekali untuk membangun tim digital yang terdiri dari beberapa orang. Sebelum membangun tim sebelumnya Anda harus menentukan tujuan pembentukannya.

Misalnya saja Anda ingin fokus dalam marketing digital di sosial media sehingga memanfaatkan semua kanal yang ada. Atau Anda hendak memanfaatkan semua kanal digital dari website, sosial media sampai dengan marketplace.

Mengenali tujuan ini akan mempermudah Anda untuk membangun tim digita yang diperlukan.

  • Meningkatkan Kualitas Produk dan Branding

Apakah selama ini Anda sudah melakukan evaluasi terhadap produk yang sudah dibeli oleh konsumen? Memperoleh feedback dari konsumen bisa menjadi acuan penting dalam meningkatkan kualitas produk.

Dengan begitu Anda bisa menyusun strategi branding yang akan dieksekusi oleh tim digital marketing yang sudah dibangun tadi. Penting sekali untuk membuat branding dengan lebih baik sehingga konsumen lebih mudah mengenali produk Anda.

  • Menciptakan Konten yang Berkualitas

Setelah branding saatnya untuk tim digital marketing yang dibangun menciptakan konten. Semua konten haruslah berkualitas sehingga bisa meningkatkan pemasaran dengan engagement.

Semua konten harus relevan dengan produk dan juga bermanfaat bagi semua calon konsumen. Produk yang Anda buat harus menjadi solusi setiap permasalahan yang dialami oleh masyarakat.

  • Klasifikasi Kompetitor

Setiap usaha pasti memiliki kompetitor, mereka pun bisa juga menggunakan strategi yang sama dalam hal digital marketing. Untungnya di era digital ini sangat mudah untuk mengklasifikasikan kompetitor.

Anda bisa dengan melihat seperti apa konten yang mereka buat dan menganalisis pergerakan secara online. Terus mengikuti perkembangan kompetitor sangat penting sehingga Anda tidak kalah langkah dengan mereka.

  • Membangun Engagement

Bukan hanya tim digital marketing saja yang bekerja keras untuk mendapatkan konsumen. Mereka bertugas untuk menggiring atau mendatangkan visitor, setelah itu tanggung jawab ada ditangan customer service.

Anda perlu melatih customer service sehingga bisa meningkatkan engagement dari visitor yang telah masuk. Jangan sampai tim digital sudah mendatangkan banyak visitor tetapi engagement rendah. Artinya ada kesalahan pada tim customer service.

  • Terus Menerus Evaluasi

Semua usaha tidak terlepas dari evaluasi, karena melalui proses ini Anda bisa mengetahui mana saja langkah yang berhasil dan gagal dalam sebulan terakhir. Melalui evaluasi Anda dan tim bisa menentukan strategi yang lebih baik lagi di bulan berikutnya.

Evaluasi ini juga diperlukan untuk mengumpulkan banyak ide dari seluruh tim yang bisa memajukan usaha. Apalagi di era digital ini, pergerakan promosi di sosial media dan kanal lainnya sangatlah ketat.

Anda perlu berbagai macam strategi dari tim yang bekerja langsung menangani konsumen bakan mengamati sifat dari masing-masing kanal. Dengan begitu strategi yang diterapkan bisa lebih tepat sasaran.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah selalu konsisten dalam penerapannya. Sama seperti Anda terus tekun dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Bagaimana menurut Anda?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0