Inklusi Terkini, Implementasi Merdeka Belajar ABK

Tanggal: Sabtu, 17 Oktober 2020
Pukul: 09.00–12.00 WIB
Tempat: https://youtu.be/dL-nADbHRgk
Ada e-Sertifikat Gratis

Event selanjutnya: [Webinar] Dengan Gizi yang Baik Persiapkan Adaptasi Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi

Inklusi Terkini, Implementasi Merdeka Belajar ABK

Ruang webinar: http://live.pendidikan.id
Pendaftaran gratis: http://webinar.pendidikan.id

Latar Belakang

Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ), yang sudah berlangsung sejak Maret 2020 karena adanya Pandemi Covid 19, sehingga siswa harus melaksanakan Belajar Dari Rumah (BDR). Pembelajaran jarak jauh bukanlah selalu bermakna sebagai pembelajaran yang dikemas secara daring (online) namun juga bisa dilakukan secara luring (offline). Metode dan media pembelajaran yang dikemas oleh guru juga harus kreatif, inovatif, bermakna dan menyenangkan. Pembelajaran jarak jauh juga tidak harus dilaksanakan secara full time seperti pembelajaran di sekolah pada umumnya. Pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka atau door to door yang dilakukan oleh guru selama ini juga harus bergantian dari rumah ke rumah dengan kelompok kecil siswa dengan jadwal yang beragam karena esensinya adalah agar siswa tetap mengisi kesehariannya dengan hal hal yang edukatif dan tidak mengalami Lost of Learning.

Proses pembelajaran yang bisa menumbuhkan critical thinking peserta didik, dan bisa meningkarkan rasa keingintahuan yang tinggi pasa peserta didik, tidak ragu dalam mencoba, selalu percaya diri dan mengikuti proses pembelajaran dengan penuh antusias adalah ciri dari profil [elajar pancasila yang mandiri dan kreatif.

Kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kemdikbud juga mendorong guru untuk terus berkreativitas dan berinovasi dalam proses pembelakjaran khususnya bagi sekolah inklusi yang memiliki strategi penanganan khsuus bagi siswa ABK (Anak berkebutuhan Khusus), tentu tidak mudah dalam pelaksanaan PJJ dan butuh keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar dari rumah selama pandemi. Keberagaman ABK yang tentu membutuhkan pendampingan yang beragam sesuai karakteristiknya juga mmebutuhkan strategi dan metode khusus untuk tetap memastikan terpenuhinya hak belajar bagi siswa ABK.

Info dan kontak:

Instagram: dtpsd
Facebook: Direktorat Sekolah Dasar


Jadwal Event, Info Pameran, Acara & Promo Terbaru