DISCOVERY 3 LOMBA CIPTA IDE TEKNOLOGI PELAJAR

DISCOVERY 3 LOMBA CIPTA IDE TEKNOLOGI PELAJAR

Dalam rangka Bulan IT Sistem Informasi (BITS) 2016 sekaligus Dies Natalies Program Studi Sistem Informasi Universitas Jember, mengadakan dua event akbar yang akan diselenggarakan dalam tahun 2016. Salah satu dari dua event ini adalah: DISCOVERY 3. Discovery 3 merupakan Lomba Cipta dan Ide Aplikasi yang akan diikuti oleh Pelajar tingkat SMA/SMK/Sederajat se-Jawa Timur.

DISCOVERY 3 LOMBA CIPTA IDE TEKNOLOGI PELAJAR

Topik Discovery 3: “INTERNET OF THINGS (IOT): DIGITAL LIFE”.

Internet of Things (IoT) merupakan sebuah konsep dengan tujuan untuk memaksimalkan fungsi dari Internet yang terkoneksi secara terus-menerus, mengintegrasikan perangkat / device yang ada dengan perangkat lainnya menggunakan internet sehingga antar perangkat dapat saling berkomunikasi. Contoh produk Internet of Things (IoT) yang sangat populer adalah Google Glass, Smart-Watch, dan Smart-TV.

SUB-TOPIK “INTERNET OF THINGS (IOT): DIGITAL LIFE” :

  1. Smart-Home
  2. Agriculture
  3. Transportation
  4. Manufacturing
  5. Health
  6. Disaster Management

JADWAL KEGIATAN:

  1. Pendaftaran & pengumpulan ide dan karya (Online) : 15 Februari – 9 April 2016
  2. Seleksi karya peserta oleh juri : 10 – 16 April 2016
  3. Pengumuman 10 besar untuk melalui website dan sosial media : 17 April 2016
  4. Presentasi final 10 besar dan pemilihan pemenang : 24 April 2016 (Bertempat di Gedung Soerachman Lt. 3 – Universitas Jember)

PERSYARATAN PESERTA:

  1. Peserta adalah siswa SMA/SMK/Sederajat se-Jawa Timur.
  2. Peserta dapat mendaftar secara individu atau tim dengan jumlah maksimal 3 orang/tim dari instansi sekolah yang sama.
  3. Peserta harus mengisi formulir pendaftaran.
  4. Biaya pendaftaran juga dikenakan pada sejumlah karya yang didaftarkan oleh setiap tim.
  5. Peserta membayar uang pendaftaran sebesar Rp100.000,- setiap judul karya.
  6. Peserta melakukan registrasi di website yang telah ditentukan.

KETENTUAN KARYA / IDE:

  1. Karya merupakan ide original dari peserta.
  2. Karya / Ide sesuai dengan tema perlombaan yaitu IoT: Digital Life denga sub-topik di atas.
  3. Mengaplikasikan 4 aspek Iot yaitu: alat, konektivitas, data, dan analisis.
  4. Produk belum pernah diproduksi secara massal dan/atau diperjualbelikan.
  5. Karya belum pernah memenangkan kejuaraan lomba lain, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.
  6. Ide aplikasi tidak menyinggung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), pornografi, dan kriminal.
  7. Hak cipta ide aplikasi tetap menjadi milik peserta.
  8. Segala bentuk plagiarisme akan menyebabkan peserta didiskualifikasi.

TOTAL HADIAH: Rp 6.000.000,-

“Prepare Your Own Things for a New Era of Digital Life”

Untuk info lebih detail mengenai event Discovery 3, anda bisa mendownload rulebook dan pedoman karya dibawah ini :

Informasi lain bisa dilihat di:

  • Website: bits.cs.unej.ac.id/discovery/
  • Facebook: BITS.UNEJ
  • Twitter: @BITS2016
  • Youtube: goo.gl/cLUoEr
  • Anindya Palmitraazzah – 082336091700
  • Uslifatul UStaniah – 085608969380
Bagaimana menurut Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0