Festival Pembaca Indonesia (Indonesian Readers Festival) 2016

Festival Pembaca Indonesia (Indonesian Readers Festival) 2016

Tanggal: 10 – 11 Desember 2016

Tempat: Museum Nasional, Jakarta Pusat

festival-pembaca-indonesia-indonesian-readers-festival-2016

Hai, Pecinta Buku! Kabar gembira untuk kalian semua. Festival tahunan yang sudah kalian tunggu-tunggu akan hadir lagi tahun ini, yaitu Festival Pembaca Indonesia 2016 (Indonesia Readers Festival 2016, #IRF2016).

Festival Pembaca Indonesia adalah kegiatan besar yang sejak tahun 2010 rutin diadakan setiap tahun oleh Goodreads Indonesia. Kegiatan ini tercipta selain untuk memberikan wadah rekreasi baca dan juga sebagai tempat berkumpulnya pembaca Indonesia, diharapkan juga dapat membudayakan kegiatan membaca dari dan untuk pembaca Indonesia.

Goodreads Indonesia, merupakan komunitas pembaca yang sudah terbentuk selama sembilan tahun ini, menjadikan Festival Pembaca Indonesia sebagai puncak kegiatannya dalam setahun. Dengan lebih dari 15.000 anggota terdaftar, diharapkan banyak pengunjung yang akan datang. Goodreads Indonesia telah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan perbukuan dalam skala lokal hingga internasional. Bekerjasama dengan penerbit, penulis, komunitas, perusahaan, dan pihak lainnya, Goodreads Indonesia akan berusaha menyelenggarakan #IRF2016 dengan lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya.

festival-pembaca-indonesia-2016-bioskop-baca

Setelah tahun lalu sukses dengan 2800 pengunjung, Festival Pembaca Indonesia akan hadir untuk ke-tujuh kalinya. Pada awalnya kegiatan ini diadakan selama satu hari di minggu pertama bulan Desember. Namun, sejak 2013 lalu, Festival Pembaca Indonesia digelar selama dua hari berturut-turut. Dan tentunya tahun ini #IRF2016 akan diadakan selama dua hari. Festival Pembaca Indonesia 2016 akan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 10-11 Desember 2016 di Museum Nasional, Jakarta Pusat.

“7 Keajaiban Membaca” merupakan tema yang diangkat dalam #IRF2016. Keajaiban-keajaiban yang akan kita dapat saat membaca diantaranya: Menajamkan imajinasi, Mendapatkan ilmu pengetahuan, Membangun kepercayaan diri, Menumbuhkan sikap peduli, Menumbuhkan kreativitas, Menjelajahi ruang dan waktu tanpa bergerak, dan Menginspirasi gerakan perubahan.

Karena itu, kami mengajak kalian semua untuk ikut menemukan keajaiban-keajaiban lainnya dalam membaca di Festival Pembaca Indonesia 2016. Berbagai keseruan bisa kalian jumpai. Diantaranya akan ada Pameran Koleksi Buku berbagai genre milik pribadi, perpustakaan, ataupun komunitas. Ada diskusi menarik dengan penulis dan pelaku dunia perbukuan lainnya dalam bentuk Talkshow dan Workshop. Bagi yang senang menonton film, ada Bioskop Baca di mana kita bisa menonton bareng film-film yang diadaptasi dari buku. Sedangkan bagi kalian yang mau mengajak adik-adik kecil untuk datang ke festival ini, bisa bermain di arena Pojok Anak.

festival-pembaca-indonesia-2016-talkshow

Bagi kalian yang menyukai tantangan, akan ada GRI Book Games, peserta akan diminta untuk memecahkan kode-kode yang diberikan oleh panitia. Dan yang serunya, kalian bisa juga menukar buku lama kalian dengan berbagai macam buku yang kami sediakan di area Bookswap dan Bookwar. Di Festival Pembaca Indonesia 2016 ini akan ada banyak hadiah yang dibagikan melalui berbagai kegiatan yang berlangsung. Kalian tidak akan pulang dengan tangan hampa dari Festival Pembaca Indonesia 2016.

Last but not least, Anugerah Pembaca Indonesia. Acara yang digelar untuk memberikan apresiasi bagi penulis dan pewajah sampul buku fiksi, non fiksi, dan puisi ini selalu diadakan di setiap Festival Pembaca Indonesia. Periode buku yang akan diseleksi dalam penilaian Anugerah Pembaca Indonesia 2016 adalah buku yang terbit sejak September 2015 hingga Agustus 2016.

Info dan kontak:

  • Facebook: Festival Pembaca Indonesia
  • Twitter & Instagram: @bacaituseru
  • Website: festivalpembacaindonesia.com
Bagaimana menurut Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0