Because Politics is Everything, Saatnya Anak Muda Terlibat!

Because Politics is Everything, Saatnya Anak Muda Terlibat!

Organisasi TurunTangan mencanangkan sebuah gerakan edukasi politik yang bertujuan untuk membuat generasi milenial tidak lagi apatis politik. Karena apatisme politik milenial sesungguhnya tidak luput dari kurangnya edukasi dan pemahaman politik. Selain itu, gerakan ini dimaksudkan agar generasi milenial tidak takut berpartisipasi dalam politik dan mengetahui apa manfaat dari keterlibatan mereka. Gerakan tersebut bernama #GenerasiMelekPolitik yang diawali dengan diskusi-diskusi santai berkolaborasi dengan berbagai lembaga, salah satunya yaitu QLUE, sebuah platform untuk masyarakat agar dapat memberikan laporan apapun secara langsung kepada pemerintah maupun pihak swasta.

Because Politics is Everything, Saatnya Anak Muda Terlibat!

Gerakan #GenerasiMelekPolitik diciptakan atas dasar keinginan TurunTangan untuk mengajak anak muda agar bersama-sama mengosongkan pikiran dan mengisinya dengan perspektif baru. Agar anak muda harus memahami mengapa peran mereka sangat dibutuhkan, mengapa mereka harus bergerak, mengapa mereka harus berkontribusi dalam gerakan-gerakan yang membawa gagasan segar di sekelilingnya.

Anak muda Indonesia dapat menjadi sumber daya yang berkontribusi membangun bangsa jika kita semua tahu cara mengoptimalkan potensinya.UNDP menguatkan pendapat ini, mereka memandang bahwa anak muda menjadi pasukan positif dalam perubahan sosial transformatif, sehingga partisipasi anak muda dalam kehidupan politik patut diperhitungkan, bukan hanya masuk hitungan (dalam Enhancing Youth Political Participation Throughout The Electoral Cycle, UNDP, 2012).

Walaupun anak muda dianggap menjadi pasukan positif dalam perubahan sosial transformatif, hanya 21% partisipasi dari anak muda (Lembaga Survei Indonesia, 2012) dalam perhitungan kehidupan politik. Fakta ini masih mengecewakan, karena anak muda lah salah satu populasi untuk memilih pemimpin yang bersih dan berkompeten sampai membantu membuat kebijakan yang tepat untuk masyarakat terutama anak muda.

Maka dari itu, TurunTangan mencanangkan diskusi untuk menarik minat anak muda untuk “melek” dan ikut berpartisipasi dalam dunia politik. Dimulai dari diskusi-diskusi ini, diharapkan generasi milenial sadar bahwa berkontribusi untuk negara itu penting.

Implementasi dari diskusi ini dapat berupa lebih meningkatnya kepekaan generasi milenial akan isu-isu sosial-politik, mengkritikisi kebijakan pemerintah yang dianggap tidak sesuai melalui kanal online seperti mengisi petisi digital, melaporkan permasalahan kota melalui aplikasi QLUE, sampai membuat gerakan sosial yang inovatif.
Diskusi #GenerasiMelekPolitik pertama berkolaborasi dengan QLUE yang bertemakan “Ready to Get Political: Why Is It Matters for the Youth?” pada tanggal 29 April 2017 pukul 10.00 s/d 13.00 WIB di kantor QLUE, Jalan Pejaten Barat no. 13, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Diskusi ini mengundang semua anak muda yang #BeraniBerubah demi kemajuan politik Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, pantau terus ya, linimasa @turuntangan dan @qluesmartcity!

Ayo terlibat sekarang! Think Big, Start Small, Act Now!

Diskusi #GenerasiMelekPolitik pertama berkolaborasi dengan QLUE yang bertemakan “Ready to Get Political: Why Is It Matters for the Youth?” pada tanggal 29 April 2017 pukul 10.00 WIB.

Info dan kontak:

Vidiya Amellia Ross
Media Relations #GenerasiMelekPolitik

  • Telp: 08999714758
  • Email: vidiyaamelliars98@gmail.com

Sosial Media:

  • Instagram: @turuntangan
  • Twitter: @turuntangan
  • Facebook Page: TurunTanganOrg
  • Website: turuntangan.org
DAFTAR EVENT & PROMO LAINNYA:



Jadwal Event, Info Pameran, Acara & Promo Terbaru

Cari Event